Jumat, 04 Februari 2011

Perkembangan Studi Banding

Kegiatan Studi Banding merupakan salah satu tahapan pada proses perumusan Rencana Induk Pengembangan (RENIP) UNISMA Tahun 2010-2030, melalui forum untuk berbagi pengalaman dan kiat dari narasumber pimpinan PT lain yang dapat dipertimbangkan sebagai acuan (standard) dan patok duga (benchmark). Forum seperti ini diperlukan sebagai bentuk ”studi banding” bagi UNISMA yang saat ini tengah menyusun dokumen perencanaan jangka panjang 20 tahunan atau yang disebut Rencana Induk Pengembangan (RENIP) UNISMA Tahun 2010-2030.

Kegiatan ini ditujukan untuk :

  • Membangun pemahaman dan langkah bersama dalam upaya memajukan dan mengembangkan UNISMA Tahun 2010 – 2030;
  • Menyimak gagasan dan pengalaman perguruan tinggi lain yang telah merencanakan pengembangan kampusnya dalam jangka panjang.

Manfaat yang diharapkan dapat diraih melalui kegiatan ini adalah :

  • Keterlibatan pimpinan unit kerja dalam perumusan akan membangun pemahaman dan komitmen (learning organization);
  • Dimilikinya dokumen perencanaan jangka panjang (RENIP) sebagai arah pengembangan organisasi UNISMA Tahun 2010 - 2030.

Sesuai jadwal, Studi Banding ini dilakukan Bulan November-Desember 2010 (Leader : Siti Nurhidayah), telah dicapai hasil sebagai berikut :

  • Studi Banding ke ITB, untuk memperoleh RENIP ITB Tahun 2005-2025 (November 2010)
  • Studi Banding UMM, dengan menghadirkan pimpinan UMM, diwakili oleh Prof. DR. Sudjono, M.Kes. ("Pengalaman dan Proses Penyusunan RIP UMM") melalui kegiatan “Seminar dan Lokakarya Pengembangan UNISMA Tahun 2010-2030”, Tanggal 21 Desember 2010, Gedung Puskotda, UNISMA, dengan menghadirkan Pimpinan Universitas, Fakultas, Direktorat, dan Unit Pendukung lainnya di lingkungan UNISMA, serta Pimpinan Yayasan (Ketua Umum) YPI “45”. Jumlah peserta pimpinan yang hadir sebanyak 47 orang dari 56 orang pada daftar undangan peserta kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar