Kamis, 17 Februari 2011

Perkembangan Studi Pasar


Kegiatan Studi Pasar merupakan salah satu tahapan pada proses perumusan Rencana Induk Pengembangan (RENIP) UNISMA Tahun 2010-2030, untuk memperoleh informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang respon pasar terhadap UNISMA dari sejumlah segmen responden.

Kegiatan Studi Pasar ditujukan untuk :

  • Tergali, teridentifikasi, dan terkajinya informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang respon pasar terhadap UNISMA dari segmen responden pelanggan dan pengguna;
  • Tergali, teridentifikasi, dan terkajinya kebijakan pendidikan, arah pembangunan, dan prospek usaha/pasar kerja/wirausaha (dalam jangka panjang);
  • Terbangunnya pemahaman dan langkah bersama dalam upaya memajukan dan mengembangkan UNISMA Tahun 2010 – 2030.

Manfaat yang diharapkan dapat diraih melalui kegiatan Studi Pasar adalah :

  • Diperolehnya informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang respon pasar, serta kebijakan pendidikan, arah pembangunan, dan prospek usaha/pasar kerja/wirausaha (dalam jangka panjang) untuk proses perumusan rencana jangka panjang UNISMA berbasis data dan informasi futuristik;
  • Keterlibatan pimpinan unit kerja dalam perumusan akan membangun pemahaman dan komitmen (learning organization);
  • Dimilikinya dokumen perencanaan jangka panjang sebagai arah pengembangan organisasi UNISMA Tahun 2010 - 2030.

Studi Pasar meliputi segmen responden :

Segmen Pelanggan :
  • Orang tua siswa SMA/SMK/MA
  • Siswa SMA/SMK/MA
  • Mahasiswa UNISMA
  • Orang tua Mahasiswa UNISMA
  • Mahasiswa PTS lain di Kota Bekasi
  • Mahasiswa PTS lain di luar Kota Bekasi
Segmen Pengguna :
  • Lembaga pemerintahan
  • Lembaga pendidikan
  • Asosiasi pengusaha
  • Perusahaan BUMD
  • Perusahaan BUMN
  • Perusahaan jasa swasta
  • Perusahaan manufaktur swasta

Selain itu juga diperlukan informasi dan pengetahuan yang dapat memberikan gambaran tentang “arah kebijakan pengembangan” berkaitan dengan kebijakan pendidikan, arah pembangunan, dan prospek usaha/pasar kerja/wirausaha, dari sumber :

Segmen Stakeholders Kementerian Regulator Pendidikan :
  • Kementerian Pendidikan Nasional
  • Kementerian Agama
Segmen Stakeholders Kantor Koordinator Pendidikan Tinggi :
  • Kopertis Wilayah IV
  • Kopertais Wilayah I
Segmen Stakeholders Pemerintah Daerah :
  • Pemerintah Kota Bekasi
  • Pemerintah Kabupaten Bekasi
  • Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Segmen Stakeholders Kementerian terkait dengan Perkembangan Usaha dan Pasar Kerja :
  • Kementerian Industri
  • Kementrian Perdagangan
  • Kementerian Pertanian
  • Kementerian Tenaga Kerja

Demikian gambaran yang melatarbelakangi perlu dan pentingnya dilakukan kegiatan STUDI PASAR dalam rangka perumusan RENIP UNISMA Tahun 2010-2030. Sesuai jadwal, Studi Pasar ini akan dilakukan sampai dengan Bulan Februari 2011. Sebenarnya pekerjaan ini sudah dimulai dari sejak Bulan Oktober 2010. Sepanjang Bulan Oktober s.d. Desember 2010, pekerjaan Studi Pasar (Leader : Abdul Khoir), selama 3 (tiga) bulan tim merumuskan sejumlah kuesioner dan format isian lainnya yang diperlukan untuk memperoleh informasi pasar yang relevan dan aktual. Sampai dengan Tanggal 4 Februari 2011, telah dicapai hasil sebagai berikut :

  • Sudah terbuat 6 model kuesioner untuk segmen pelanggan
  • Sudah terbuat 1 model kuesioner untuk segmen pengguna
  • Sudah terbuat 1 model diskusi dan wawancara terstruktur untuk segmen pengguna dan stakeholders lainnya
  • Sudah terlaksana 6 jenis kegiatan survey (melalui kuesioner) sudah dilakukan, yakni model 1 (ortu siswa), 2 (siswa), 3 (ortu mahasiswa UNISMA), 4 (mahasiswa UNISMA), 5 (mahasiswa PTS lain di Kota Bekasi), dan 6 (mahasiswa PTS lain luar Kota Bekasi)
  • Input data untuk model 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Yang belum terlaksana :

  • Survey (melalui kuesioner) untuk model 7 (pengguna) dan model 8 (wawacara pengguna dan stakeholders masyarakat lainnya)
  • Input data model 7 dan model 8
  • Analisis data
  • Penulisan Hasil Studi Pasar pada Dokumen RENIP

Kegiatan Studi Pasar ditujukan untuk :

  • Tergali, teridentifikasi, dan terkajinya informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang respon pasar terhadap UNISMA dari segmen responden pelanggan dan pengguna;
  • Tergali, teridentifikasi, dan terkajinya kebijakan pendidikan, arah pembangunan, dan prospek usaha/pasar kerja/wirausaha (dalam jangka panjang);
  • Terbangunnya pemahaman dan langkah bersama dalam upaya memajukan dan mengembangkan UNISMA Tahun 2010 – 2030.

Manfaat yang diharapkan dapat diraih melalui kegiatan Studi Pasar adalah :

  • Diperolehnya informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang respon pasar, serta kebijakan pendidikan, arah pembangunan, dan prospek usaha/pasar kerja/wirausaha (dalam jangka panjang) untuk proses perumusan rencana jangka panjang UNISMA berbasis data dan informasi futuristik;
  • Keterlibatan pimpinan unit kerja dalam perumusan akan membangun pemahaman dan komitmen (learning organization);
  • Dimilikinya dokumen perencanaan jangka panjang sebagai arah pengembangan organisasi UNISMA Tahun 2010 - 2030.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar